Program Alih Jenjang



  1. Program S1 Ilmu Gizi

Menteri Kesehatan melalui Permenkes No 78 tahun 2013 tentang Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit menyatakan bahwa pelayanan gizi di rumah sakit harus disiapkan secara professional dan mensyaratkan adanya Registered Dietisien (RD) untuk pengelolaannya. RD adalah sarjana gizi yang telah mengikuti pendidikan profesi gizi dan lulus uji kompetensi nasional. Persyaratan dalam pedoman tersebut telah mengacu pada standar akreditasi internasional dari The Joint Comission Internasional (JCI) for Hospital Accreditation. Hingga saat ini, belum semua Puskesmas di Indonesia memiliki Ahli Gizi, terlebih lagi Ahli Gizi dengan kualifikasi S1.Di sektor swasta, peran Sarjana Gizi juga sangat luas. Berbagai perusahaan di bidang penyelenggaraan dan produksi makanan membutuhkan para Sarjana Gizi untuk berkontribusi dalam kegiatan research & development (R&D), quality control, maupun kegiatan-kegiatan lainnya.

Kemampuan manajerial yang merupakan salah satu kompetensi Sarjana Gizi tentunya sangat dibutuhkan. Melihat pentingnya peran Sarjana Gizi tersebut, Program Studi S1 Ilmu Gizi Universitas Alma Ata memberikan kesempatan bagi para lulusan D3 Gizi untuk dapat melanjutkan pendidikannya hingga jenjang S1. Program alih jenjang ini bersifat terbuka bagi semua lulusan D3 Gizi, baik yang sudah memiliki pengalaman kerja maupun fresh graduate, dengan jangka waktu perkuliahan selama 3 semester. Perkuliahan dapat dilaksanakan pada sore hari, sehingga bagi para lulusan D3 Gizi yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan studinya tetap berkesempatan untuk mengikuti program ini.

  1. Program S1 Ilmu Keperawatan

Pada zaman modern seperti sekarang ini  dan semakin tingginya kesadaran masyarakat dalam bidang kesehatan, maka dunia pendidikan khususnya kesehatan dituntut untuk mempersiapkan kompetensi sesuai yang siap dalam memenuhi kebutuhan yang diharapkan oleh lapangan/masyarakat. Oleh karena itu, jenjang pendidikan S1 merupakan standar minimal yang harus ditempuh oleh para tenaga kesehatan agar para tenaga kesehatan memilki kompetensi yang menjadi tuntutan pada saat ini.Upaya pemerintah dalam meningkatkan kompetensi para tenaga kesehatan terlihat dari wacana pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan dari D3 ke S1. PSIK Alma Ata Yogyakarta memberikan kesempatan untuk para tenaga kesehatan yang masih D3 untuk melanjutkan ke program S1 untuk meningkatkan kompetensi para tenaga kesehatan.