Pascasarjana

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM MAGISTER
UNIVERSITAS ALMA ATA TAHUN 2024/2025

Program Magister S2 Pendidikan Agama Islam

PROGRAM

  1. Regular : setiap hari pada jam kerja
  2. Program Sore Hari : Mulai Pukul 16.00 WIB, dikhususkan untuk para praktisi yang bekerja
  3. Kelas Weekend (Jumat, sabtu, minggu) : Jum’at siang mulai Pukul 13.00 WIB; Kelas Sabtu dan Minggu bisa FULLDAY dari pagi
  4. Intensive Course (Dilaksanakan dengan kesepkatan dari satu angkatan dengan minimal 15 mahasiswa yang peminatannya sama)

Keterangan:
Program 1, 2, 3 akan berjalan jika jumlah minimum mahasiswa terpenuhi (25 mahasiswa)
Program 1 (regular) cocok untuk mahasiswa yang belum punya kesibukan atau diberikan tugas belajar dari instansi
Program 2 dan 3 cocok untuk mahasiswa yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan sehari-hari

RISET

Mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Agama Islam akan dibimbing untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat meliputi: (a) pengembangan pendidikan agama Islam yang inovatif,  (b) inovasi kurikulum pendidikan agama Islam (psikologi-humanis), (c) pengembangan media dan sumber belajar berbasis informasi dan teknologi serta riset terbarukan (sistem berbasis big data), (d) inovasi pengelolaan pendidikan Islam (networking, TQM-SPMI), dan (e) diffusi inovasi pendidikan Islam.

Mahasiswa juga disyaratkan untuk mempublikasikan minimal satu karya ilmiah pada jurnal-jurnal internasional berindex Q1 sampai Q4, sebagai syarat kelulusan. Dengan adanya hal ini tentunya akan menghasilkan magister yang memiliki luaran karya tulis ilmiah baik dilevel nasional maupun internasional.

PERSYARATAN UMUM

  1. Lulusan S1/sederajat dibuktikan dengan (minimal) Surat Keterangan Lulus, lulus perguruan tinggi luar negeri menyertakan fotokopi surat keterangan penyetaraan ijazah dari kemenristekdikti atau Kemenag yang dilegalisir
  2. Transkip nilai jenjang sarjana (S1)
  3. Lulus dari Prodi yang terakreditasi dan terdaftar dalam PD-Dikti
  4. Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL/TOEC/IKLA (jika ada)
  5. Mengupload Pas Foto Formal terbaru dengan latar biru atau biru berukuran maksimal 1 MB

Program Magister S2 Kesehatan Masyarakat

PROGRAM

  1. REGULER Diperuntukkan untuk calon manajer atau ilmuwan muda yang bercita-cita mengisi dan berkontribusi terhadap pembangunan kesehatan Indonesia, baik itu pada Institusi Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, Lembaga Swadaya Masyarakat atau Institusi lainnya baik pemerintah atau swasta.
  2. INTERNASIONAL
    Program ini cocok untuk calon ilmuwan muda (Young Scientist) atau manajer tingkat menengah (Middle Level Manager) yang berwawasan Internasional dan bercita-cita memasuki dunia kerja tingkat global, atau ingin menjadi dosen/peneliti muda yang berwawasan Internasional. Oleh karena itu, dalam program ini bahasa pengantar kuliah dan penulisan Thesis menggunakan bahasa Inggris dengan dosen dan instruktur yang berasal dari Internasional.
  3. FAST TRACK
    Program ini diperuntukkan bagi Mahasiswa Universitas Alma Ata Semester V dari seluruh program studi yang berkeingingan menjadi Ilmuan Muda lebih cepat dengan melanjutkan pendidikan S2 bersamaan dengan pendidikan S1.

KRITERIA UMUM

  1. PROGRAM REGULER
    a. Warga Negara Indonesia
    b. Warga Negara Asing (WNA), wajib melampirkan ijin dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) atau kementerian agama RI – Ditjen Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Kemenag DIKTIS)
    c. Telah Lulus pendidikan Diploma IV dan atau Sarjana (S1) dari semua Program Studi
  2. PROGRAM INTERNASIONAL
    a. Warga Negara Indonesia
    b. Warga Negara Asing (WNA), wajib melampirkan ijin dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) atau kementerian agama RI – Ditjen Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Kemenag DIKTIS)
    c. Telah Lulus pendidikan Diploma IV dan atau Sarjana (S1) dari semua Program Studi
    d. Memiliki Passport atau Bersedia Membuat Passport
  3. PROGRAM FAST TRACK
    a. Mahasiswa Universitas Alma Ata Semester VII dan telah menempuh minimal 110 sks pada Program Sarjana
    b. Memiliki IPK ≥ 3,25 pada semester VII
    c. Lolos seleksi administrasi yang dilakukan oleh Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat UAA

SYARAT PENDAFTARAN PROGRAM KHUSUS NON TES

  • Lulusan S1 PAI (atau berasal dari luar jurusan S1 PAI) dari Perguruan Tinggi terakreditasi minimal baik
  • IPK peserta minimal 3,25

SYARAT PENDAFTARAN PROGRAM FAST TRACK

Fast Track adalah mahasiswa percepatan antara S1 menuju S2 dengan ketentuan mahasiswa yang memiliki jurnal terakreditasi by research dengan ketentuan proses pembelajaran waktu 5 tahun dengan rincian yaitu :

  • S1 = 3,5 tahun
  • S2 = 1,5 tahun

SYARAT PENDAFTARAN PROGRAM KHUSUS PORTOFOLIO

  • Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL/TOEC/IKLA atau yang setara minimal 450
  • Proposal rencana penelitian Tesis
  • Surat Rekomendasi dari dosen atau guru besar, atau atasan bagi yang bekerja
  • Daftar publikasi karya ilmiah yang telah diterbitkan (jika ada)
  • Kepemimpinan (dibuktikan dengan CV dan sertifikat pendukung)

SYARAT PENDAFTARAN PROGRAM REGULER DAN INTERNASIONAL

  1. Mengisi formulir pendaftaran secara online di http://pendaftaran.almaata.ac.id/magister
  2. Membayar biaya pendaftaran melalui bank, atm dan atau mobile banking
  3. Scan/Pindai Ijazah asli dari jenjang pendidikan Diploma IV dan atau Strata 1 dari Program Studi yang terakreditasi
  4. Scan/Pindai Transkrip nilai asli pada jenjang pendidikan Diploma IV dan atau S1 dengan Indeks Prestasi Kumulatif ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara
  5. Sertifikat IBT TOEFL, ITP TOEFL atau Alma Ata English Proficiency Test (AAEPT) dengan Skor ≥ 450 (program regular)
    dan ≥ 475 (program Internasional). Jika belum memiliki dapat disusulkan maksimal pada semester 2.
  6. Surat rekomendasi bagi mahasiswa fresh graduate yang bersifat rahasia dan diberi stempel Perguruan Tinggi dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Ketua Program Studi dan Dosen Pembimbing Akademik (Unduh Surat Rekomendasi)
  7. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (Unduh Surat Izin Belajar)
  8. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (Unduh Form Proyeksi Keinginan)
  9. Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik negeri/swasta atau Alma Ata Medical Center)
  10. Curriculum Vitae
  11. Scan/Pindai KTP atau Passport calon mahasiswa
  12. Scan/Pindai Scan/Pindai Kartu Keluarga
  13. Pass Foto berwarna terbaru
  14. Scan/Pindai Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (Unduh)
  15. Mengirimkan Scan berkas pendaftaran ke uaa@almaata.ac.id

SYARAT PENDAFTARAN PROGRAM FAST TRACK

  1. Mahasiswa Universitas Alma Ata yang sudah menyelesaikan studi semester VII dan telah menempuh minimal 110 SKS pada jenjang S1
  2. Memiliki IPK ≥ 3,25 pada semester VII
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online di http://pendaftaran.almaata.ac.id/magister
  4. Membayar biaya pendaftaran melalui bank, atm dan atau mobile banking
  5. Scan/Pindai Transkrip Nilai dari semester 1 pada pendidikan S1
  6. Sertifikat IBT TOEFL, ITP TOEFL atau Alma Ata English Proficiency Test (AAEPT) dengan Skor ≥ 450 (program regular)
    dan ≥ 475 (program Internasional). Jika belum memiliki dapat disusulkan maksimal pada semester 2.
  7. Surat rekomendasi dari Dekan Fakultas dan Ketua Program Studi pada jenjang S1 (Unduh Surat Rekomendasi)
  8. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (Unduh Form Proyeksi Keinginan)
  9. Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik negeri/swasta atau Alma Ata Medical Center)
  10. Curriculum Vitae
  11. Scan/Pindai KTP atau Passport calon mahasiswa
  12. Scan/Pindai KTP Orangtua/wali calon mahasiswa
  13. Scan/Pindai Scan/Pindai Kartu Keluarga
  14. Pass Photo terbaru
  15. Scan/Pindai Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (Unduh)

Mengirimkan Scan berkas pendaftaran ke pascasarjana@almaata.ac.id

PENERIMAAN MAHASISWA WARGA NEGARA ASING (WNA)

  1. Scan of Application for Study Permit for Foreign Students from Heigher Education addressed to the Director of Higher Education Institutional Development
  2. Scan of Letter of Acceptance in Higher Education (LoA)
  3. Scan of diplomas and transcripts
  4. Scan of Passport
  5. Scan the statement letter for :

⇒ Will not work while studying in Indonesia

⇒ Do not participate in political activities

⇒ Comply with the existing laws and regulations in Indonesia

  1. Scan of statement letter from guarantor or person in charge during study :

⇒ Scan of the Certificate of Financing Guarantee

⇒ Health Certificate

⇒ Curriculum Vitae

⇒ Scan of Student Passport

⇒ Pass-Photo

⇒ Scan of the Document Authenticity Statement

Biaya Pendidikan

Biaya Pendaftaran Reguler & Internasional

Biaya Pendaftaran Fast Track

Untuk Daftar Pascasarjana Alma Ata

Klik Disini

Untuk Download Brosur Magister Pendidikan Agama Islam

Klik Disini

Untuk Download Brosur Magister Kesehatan Masyarakat

Klik Disini
Open chat
Silahkan berkirim pesan kepada kami perihal Penerimaan Mahasiswa Baru..
Terimakasih