Pmb 2024

Kenali Lebih Dalam

Universitas Alma Ata

Universitas Alma Ata lahir sebagai buah pikir dan Dzikir para cendekiawan muslim dan ulama yang visioner, tanggap terhadap perkembangan dan berdasarkan informasi terkini mampu menjawab tantangan zaman. Universitas Alma Ata adalah salah satu institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang tumbuh dan berkembang dengan cepat.


Rektor Universitas Alma Ata
Prof. Dr. H. Hamam Hadi., MS., Sc.D., Sp.GK

Daftar Segera!

Metode
Pendaftaran

  • Pendaftaran langsung ke Kampus Terpadu Universitas Alma Ata di Jl. Brawijaya No.99 ( Ringroad Barat Daya ) Yogyakarta 55183
  • Pendaftaran online ke website Universitas Alma Ata https://pmb.almaata.ac.id/
  • Pendaftaran langsung melalui tim admisi yang roadshow ke SMA/SMK/MA

Jalur
Pendaftaran

Jalur Uji Tulis ( Utul )

  • Jalur Uji Tulis yaitu jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Tes Potensi Akademik Berbasis Komputer ( CBT )

Jalur Non Uji Tulis ( Non Utul )
Jalur non uji tulis adalah jalur penerimaan mahasiswa baru tanpa melalui tes tertulis. Jalur non uji tulis terbagi menjadi 3 jalur, diantaranya:

  1. Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan berdasarkan nilai Raport ( PMDK-R )
    Persyaratan :
    a. Rata-rata nilai rapor 7, untuk Fakultas Ilmu Kesehatan dari IPA atau 3.0 untuk kurtilas.
    b. Rata-rata nilai rapor 7, untuk mata pelajaran relevan sampai dengan semester 5.
    c. ( Berkas : Legalisir FC raport semester 4-5 )
  2. Jalur Penelusuran Bibit unggul Daerah dibidang Olahraga, Seni. dan Iptek ( PBUD )
    Persyaratan :
    a. Minimal juara 3 tingkat SMA sederajat se-Kabupaten dengan nilai rata-rata rapor : FIKES rata-rata minimal 7
    b. Selain FIKES rata-rata minimal 5,5
    c. ( Berkas : Legalisir FC kejuaraan dan legalisir FC rapor )
  3. Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan berdasarkan nilai UTBK ( UTBK )
    Persyaratan : Minimal nilai rata-rata 450 untuk Non Fikes dan rata-rata 500 untuk Fikes.
  4. Jalur PMB Bersama Jogjaversitas ( Link https://pmb.jogjaversitas.id/home.html )
    Syarat dan ketentuan biasa diakses di link https://pmb.jogjaversitas.id

Jadwal
Pendaftaran

Jadwal Pendaftaran Program Reguler

Keterangan

Pendaftaran sewaktu-waktu dapat di tutup jika kuota program studi terpenuhi

Jadwal Pendaftaran Program Alih Jenjang S2 Master of Public Health (S2 MPH)

Jadwal Pendaftaran Program Alih Jenjang S2 Pendidikan Agama Islam (S2 PAI)

Keterangan
Penerimaan calon mahasiswa baru dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun akademik genap (Februari) (Khusus Alih Jenjang dan NERS) dan Gasal (September)

Syarat &
Pendaftaran

Syarat Pendaftaran Pascasarjana Program Reguler dan Internasional

  • Download 5 Formulis dibawah ini
  • Mengisi formulir pendaftaran secara online di http://pendaftaran.almaata.ac.id/magister
  • Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan di bank
  • Mengirimkan Scan berkas pendaftaran ke pascasarjana@almaata.ac.id:
    • Curriculum Vitae
    • Scan/Pindai Ijazah asli dari jenjang pendidikan Strata 1 dari Program Studi yang terakreditasi, dengan ketentuan sebagai berikut :
      a. Peminatan Administrasi Rumah Sakit: Pendidikan terakhir S1 bidang kesehatan;
      b. Peminatan selain Administrasi Rumah Sakit: Pendidikan terakhir S1 bidang kesehatan atau non kesehatan;
    • Scan/Pindai Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara;
    • Scan/Pndai Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris asli dengan jenis Tes iBT TOEFL, ITP TOEFL atau AAEPT dengan Skor ≥ 450 (program regular) dan ≥ 475 (program internasional). Ketentuan tes kemampuan Bahasa Inggris sebagai berikut:
      a. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan masih berlaku, memindai/scan sertifikatnya;
      b. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan sudah kedaluwarsa, memindai/scan sertifikat yang dimiliki dan mengisi serta meminadi/scan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai (dijadikan satu dengan file sertifikatnya);
      c. Pendaftar yang belum memiliki sertifikat, mengisi dan meminadi/scan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai.
    • Surat rekomendasi bagi mahasiswa first graduate yang bersifat rahasia dan diberi stempel Universitas dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh diatas)
    • Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh diatas)
    • Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh diatas);
    • Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik negeri/swasta atau Alma Ata Medical Center);
    • Scan/Pindai KTP atau Passport calon mahasiswa
    • Scan/Pindai KTP Orangtua/wali calon mahasiswa
    • Scan/Pindai Akta Kelahiran
    • Scan/Pindai Scan/Pindai Kartu Keluarga
    • Pass Photo terbaru dengan latar belakang berwarna merah
    • Scan/Pindai Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh diatas)

Persyaratan Pendaftaran Program Fast Track Pasca Sarjana

#1 ALUR PENDAFTARAN JALUR UJI TULIS

1. Mengisi formulir pendaftaran online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/magister atau datang langsung ke kampus Alma Ata
2. Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan dengan menggunakan nomor virtual account
3. Melakukan pengisian biodata secara online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/masuk
4. Pengumpulan berkas sesuai jalur masuk non uji tulis
(raport/nilau UN/sertifikat kejuaraan lomba)
5. Verifikasi berkas PMDK-R/PMDK-UN/PBUD
6. Jika lolos verifikasi lanjut ke tes kesehatan
7. Jika lolos tes kesehatan lanjut ke tes wawancara
8. Pengumuman (one day service)

Syarat Pendaftaran S1/ D3 / Alih Jenjang

  • Mahasiswa Universitas Alma Ata yang sudah menyelesaikan studi semester VII dan telah menempuh minimal 110 SKS pada jenjang S1.
  • Memiliki IPK ≥ 3,25 pada semester VII
  • Mengisi formulir pendaftaran secara online di http://pendaftaran.almaata.ac.id/magister
  • Membayar biaya pendaftaran melalui bank, atm dan atau mobile banking
  • Mengirimkan Scan berkas pendaftaran ke pascasarjana@almaata.ac.id
    • Scan/Pindai Ijazah asli dari jenjang pendidikan Diploma IV dan atau Strata 1 dari Program Studi yang terakreditasi.
    • Scan/Pindai Transkrip nilai asli pada jenjang pendidikan Diploma IV dan atau S1 dengan Indeks Prestasi Kumulatif ≥3,00 dalam skala 4 atau setara;
    • Scan/Pndai Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris asli dengan jenis Tes iBT TOEFL, ITP TOEFL atau AAEPT dengan Skor ≥ 450 (program regular) dan ≥ 475 (program internasional). Ketentuan tes kemampuan Bahasa Inggris sebagai berikut:
      a. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan masih berlaku, memindai/scan sertifikatnya;
      b. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan sudah kedaluwarsa, memindai/scan sertifikat yang dimiliki dan mengisi serta meminadi/scan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai
      c. Pendaftar yang belum memiliki sertifikat, mengisi dan meminadi/scan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai
      d. Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan TOEFEL (Unduh)
    • Surat rekomendasi bagi mahasiswa first graduate yang bersifat rahasia dan diberi stempel Universitas dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik (Unduh Surat Rekomendasi)
    • Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (Unduh Surat Izin Belajar)
    • Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (Unduh Form Proyeksi Keinginan)
    • Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik negeri/swasta atau Alma Ata Medical Center)
    • Curriculum Vitae;
    • Scan/Pindai KTP atau Passport calon mahasiswa
    • Scan/Pindai KTP Orangtua/wali calon mahasiswa
    • Scan/Pindai Scan/Pindai Kartu Keluarga
    • Pass Photo terbaru
    • Scan/Pindai Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (Unduh)

Syarat Penerimaan Mahasiswa Negara Asing (WNA)

    Foreign Citizens (WNA) who will register as students of Alma Ata University Yogyakarta must attach the following:
  • Scan of Application for Study Permit for Foreign Students from Higher Education addressed to the Director of Higher Education Institutional Development;
  • Scan of Letter of Acceptance in Higher Education (LoA);
  • Scan of diplomas and transcripts;
  • Scan off Passport;
  • Scan the Statement Letter for:
    • Will not work while studying in Indonesia
    • Do not participate in political activities
    • Comply with the existing laws and regulations in Indonesia
  • Scan of Statement Letter from guarantor or person in charge during study;
  • Scan of the Certificate of Financing Guarantee;
  • Health certificate;
  • Curriculum Vitae;
  • Scan of Student Passport;
  • Pass-Photo;
  • Scan of the Document Authenticity Statement

Biaya Pendaftaran

BIAYA PENDAFTARAN

  • Pascasarjana Kesmas / Public Health
    • Biaya pendaftaran Rp.750.000
  • S1 / D3 / Alih Jenjang Jalur Non Uji Tulis
    • Fakultas Kesehatan
      • Pilihan 1 program studi, Biaya pendaftaran dan tes kesehatan sebesar Rp.350.000
      • Pilihan 2 program studi, Biaya pendaftaran dan tes kesehatan sebesar Rp.400.000
    • Fakultas Non Kesehatan
      • Pilihan 1 program studi, Biaya pendaftaran dan tes kesehatan sebesar Rp.275.000
      • Pilihan 2 program studi, Biaya pendaftaran dan tes kesehatan sebesar Rp.325.000
  • S1 / D3 / Alih Jenjang Jalur Uji Tulis
    • Biaya pendaftaran Rp.200.000 untuk pilihan 1 program studi dan Rp.250.000 untuk 2 program studi
    • Biaya tes kesehatan Rp.150.000 untuk program studi fakultas kesehatan dan Rp.125.000 untuk program studi selain fakultas kesehatan

Alur
Pendaftaran

Alur Pendaftaran Non Uji Tulis(Non UTUL)

#1 ALUR PENDAFTARAN JALUR NON UJI TULIS

1. Mengisi formulir pendaftaran online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/daftar atau datang langsung ke kampus Alma Ata
2. Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan dengan menggunakan nomor virtual account
3. Melakukan pengisian biodata secara online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/masuk
4. Pengumpulan berkas sesuai jalur masuk non uji tulis
(raport/nilau UN/sertifikat kejuaraan lomba)
5. Verifikasi berkas PMDK-R/PMDK-UN/PBUD
6. Jika lolos verifikasi lanjut ke tes kesehatan
7. Jika lolos tes kesehatan lanjut ke tes wawancara
8. Pengumuman (one day service)

Alur Pendaftaran Uji Tulis(UTUL)

#1 ALUR PENDAFTARAN JALUR UJI TULIS

1. Mengisi formulir pendaftaran online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/daftar atau datang langsung ke kampus Alma Ata
2. Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan dengan menggunakan nomor virtual account
3. Melakukan pengisian biodata secara online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/masuk
4. Pengumpulan berkas sesuai jalur masuk non uji tulis
(raport/nilau UN/sertifikat kejuaraan lomba)
5. Verifikasi berkas PMDK-R/PMDK-UN/PBUD
6. Jika lolos verifikasi lanjut ke tes kesehatan
7. Jika lolos tes kesehatan lanjut ke tes wawancara
8. Pengumuman (one day service)

Alur Pendaftarn Program Alih Jenjang

#1 ALUR PENDAFTARAN ALIH JENJANG

1. Mengisi formulir pendaftaran online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/magister atau datang langsung ke kampus Alma Ata
2. Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan dengan menggunakan nomor virtual account
3. Melakukan pengisian biodata secara online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/masuk
4. Pengumpulan berkas sesuai jalur masuk non uji tulis
(raport/nilau UN/sertifikat kejuaraan lomba)
5. Verifikasi berkas PMDK-R/PMDK-UN/PBUD
6. Jika lolos verifikasi lanjut ke tes kesehatan
7. Jika lolos tes kesehatan lanjut ke tes wawancara
8. Pengumuman (one day service)

Alur Pendaftaran Program Profesi

#1 ALUR PENDAFTARAN PROGRAM PROFESI

1. Mengisi formulir pendaftaran online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/daftar atau datang langsung ke kampus Alma Ata
2. Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan dengan menggunakan nomor virtual account
3. Melakukan pengisian biodata secara online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/masuk
4. Pengumpulan berkas sesuai jalur masuk non uji tulis
(raport/nilau UN/sertifikat kejuaraan lomba)
5. Verifikasi berkas PMDK-R/PMDK-UN/PBUD
6. Jika lolos verifikasi lanjut ke tes kesehatan
7. Jika lolos tes kesehatan lanjut ke tes wawancara
8. Pengumuman (one day service)

Alur Pendaftaran Seleksi Jarak Jauh

#1 ALUR PENDAFTARAN SELEKSI JARAK JAUH

1. Mengisi formulir pendaftaran online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/daftar atau datang langsung ke kampus Alma Ata
2. Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan dengan menggunakan nomor virtual account
3. Melakukan pengisian biodata secara online, melalui laman : http://pendaftaran.almaata.ac.id/masuk
4. Pengumpulan berkas sesuai jalur masuk non uji tulis
(raport/nilau UN/sertifikat kejuaraan lomba)
5. Verifikasi berkas PMDK-R/PMDK-UN/PBUD
6. Jika lolos verifikasi lanjut ke tes kesehatan
7. Jika lolos tes kesehatan lanjut ke tes wawancara
8. Pengumuman (one day service)
Open chat
Silahkan berkirim pesan kepada kami perihal Penerimaan Mahasiswa Baru..
Terimakasih